Paus Omura, Paus yang Paling Misterius

Paus Omura, Paus yang Paling Misterius

TipsJenius.com – Paus Omura dapat tumbuh hingga sepanjang 12 meter, dengan tubuh sepanjang bus sekolah, Anda akan berpikir bahwa paus Omura tidak akan pernah bisa pergi tanpa diketahui. Kenyataannya, mereka merupakan paus yang paling misterius.
Spesies ini diberi nama ketika salah spesimen ditemukan mati, pada tahun 2003. Sejak itu pula para ilmuwan gagal menemukan paus Omura yang hidup.
Sekarang penantian itu telah usai. Peneliti telah menemukan populasi ikan paus Omura yang tinggal di dekat Madagaskar. Studi mereka yang diterbitkan dalam Royal Society Open Science, menawarkan cara hidup paus yang sulit dipahami.
Salvatore Cerchio memimpin penelitian Wildlife Conservation Society, ia juga bergabung dalam New England Aquarium dan Woods Hole Oceanographic Institution.
Timnya hampir kehilangan paus Omura. Pada tahun 2011, mereka mengamati lumba-lumba di perairan pantai Madagaskar, ketika itu mereka menemukan tiga paus: sepasang ibu dan anak, bersama seekor paus dewasa. Awalnya, mereka pikir telah menemukan paus Bryde, paus lain yang diketahui hidup sedikit di wilayah tersebut.
Tahun berikutnya, tim melihat empat Paus dalam pertemuan singkat. Mereka menduga bahwa “setidaknya satu dari paus memiliki sesuatu yang berbeda.”
Kemudian pada tahun 2013, tim bergerak lebih jauh dari lepas pantai dan mencari di perairan yang lebih dalam. Kali ini mereka melihat ikan paus untuk beberapa hari, mencatat 13 penampakan paus. Sebuah pertemuan kejutan terjadi ketika sepasang ibu-anak berenang mendekat ke perahu, ibu paus tidak memiliki gundukan di kepalanya dan rahang bawah memiliki cahaya kontras dan sisi gelap. Hal itulah yang meyakinkan tim peneliti bahwa mereka bukan ikan paus Bryde.

=========================================================================
Hai Pembaca Setia TipsJenius.com, follow kami di Instagram yah: vernandosibarani

Comments

comments

Pin It

2 thoughts on “Paus Omura, Paus yang Paling Misterius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *